Deskripsi Tentang Kelinci

                  


Kelinci adalah hewan mamalia dari famili leporidae, yang dapat di temukan di banyak bagian bumi. Dulunya hewan ini adalah hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, th 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordolagomorpha, Ordo ini di bedakan menjadi 2 famili,yaitu ochtonidae (jenis pika) dan leporidae ( termasuk kelinci & terwelu).
Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mula mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Berikut adalah jenis-jenis kelinci, yaitu :
Satin
Satin adalah kelinci yang berasal dari Amerika Serikat di temukan pada th 1930-an. Bobot jantan 3,8-4,3kg sedangkan betina 4,2-5 kg. Kelinci satin relative jinak dan penurutterutama betina. Kulit bulunya tebal sedang bulunya sendiri agak lebat lurus, hal ini dimanfaatkan sebagai jaket penghangat. Warnanya pun bervariasi ada hitam , biru, California, chinchilla, coklat, perak merah,putih berwarna merah, siam dll. Warna berkilau indah menyababkan baris rambutnyalebih tipis, jarak bulu-bulunya padat berdekatan dengan bulu yang lembut dibagian perut.Rata-rata induk melahirkan antara 7-10 ekor. Tidak baik mengawinkan rex dengan satin pengalaman membuktikan keturunannya akanrentan fisik


Polish
Polish berasal dari Belanda, tergolong kelinci paling tua karena ditemukan pada th 1884,Berat badannya lebih besar dari Nederland Dwarf yakni 1,3 kg. Produktifitasnya 4 ekoranak, umurnya bisa bertahan 5-7 tahundan bisa lebih panjang.
Ciri khas kelinci jenis Polish, yaitu :
1. Bulunya halus dengan berbagai warna
2. Mata tajam
3. Telinga pendek bulat meruncing.


TAN
Kelinci ini berasal dari Amerika serikat
Ciri Kelinci jenis TAN, yaitu :
1. Bulunya mengkilap
2. Punggung hitam atau abu-abu
3. Sedangkan dibagian perut sampai dagunya berwarna coklat kemerah-merahan tajam
Berat badan kelinci jenis tan 1,8-2,6 kg. Produktifitasnya melahirkan 6-8 ekor


Lop
Ciri khas kelinci LOP, yaitu :
1. Telinga panjang menjuntai ke bawah
Jenis kelinci LOP, yaitu :
1. Holland lop
2. Fuzzy lop
3. Mini lop





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PERAN LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL “BANK DUNIA” TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

Cerpen "Apakah Ini Sahabat?"

Crustacea atau Belalang