Sejarah Pembentukan Menara Eiffel yag Romantis di Dunia
Menara Eiffel bahas Perancis (Tour Eiffle ) merupakan sebuah menara
besi yang di bangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini
telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Struktur ini di bangun antara
1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang
merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun
menara di Baecelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang
bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak
cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim
drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris,
dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889. Menara
ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus
pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi
struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh
Maurice Koechelin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern
yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform.
Tetapi karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal
bergerak, rel bantu dan layar, dan dalam hal ini hanya satu yang meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika di bangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Sebagai contoh, Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monomen kemenangan pertempuran itu.
Proses Pembuatan
Dibangun dalam rangka pekan
Pameran Dunia dan perayaan Revolusi Perancis, menara dengan bendera berkibar di
puncaknya diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Meskipun kecaman dan protes
yang keras dari penduduk Paris dan kalangan intelektual selama dibangun,
kerangka besi ini menjadi simbol kota Paris dan menarik lebih dari 6 juta
pengunjung setiap tahun.
Pemimpin Proyek : Tuan Gustave
Eiffel dibantu oleh, antara lain, para insinyur Maurice Koechlin dan Emile
Nouguier serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.
Rencana proyek dimulai tahun
1884. Meskipun semua halangan di atas, pembanguan menara dimulai pada tahun
1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Telah direncanakan menara
ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan
tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan
Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara
Eiffel.
Bahan yang digunakan : Besi
baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan
2.500.000 paku. Kerangka dari karya Tuan Gustave Eiffel ini tahan angin dan
walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton.
Tinggi : Dari tanah sampai
tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter
dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang
antena mereka di puncak Menara Eiffel.
Dimiliki oleh Pemerintah
Daerah Paris dan dikelola oleh perusahaan swasta, “Société Nouvelle de
l’Exploitation de la Tour Eiffel”, kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun
sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang
manguasai olah raga alpinis dan akrobatis.
Penerangan : “Gadis Besi” ini
diterangi dengan 352 projektor 1.000 watts dan berkedip setiap sengah jam pada
malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko.
Supaya membuat menara
kelihatannya lebih hidup, 4 lampu laser xenon yang berkekuatan 6.000 watts
berputar secara permanen di puncak menara.Jumlah tangga : 1.665 tangga bagi
pengunjung yang senang olah raga. Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua
dimana bisa ditemukan berbagai toko suvenir.
Comments
Post a Comment